• adspurindo

Puasa Tetap Seru Saat Pandemi

Updated: May 4

Bulan Puasa yang jatuh pada tanggal 12 April 2021 sudah ditunggu-tunggu umat muslim.

Namun dalam Tahun ini kita semua masih punya tugas untuk untuk memutus rantai penularan virus Covid-19 dan mencegah bertambahnya kasus positif covid-19 di Indonesia.

Maka dari itu pelaksanaan puasa menjelang bulan Ramadhan akan sedikit berbeda dan seru, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan persiapan puasa.

Agar ibadah puasa lebih khidmat sekaligus dapat menjaga kekebalan tubuh dengan baik, berikut ini beberapa tips persiapan puasa yang bisa dilakukan pada masa pandemi ini


1. Mempersiapkan Variasi Menu menarik dan sehat dalam satu bulan penuh

Serunya puasa tahun ini kita bisa membuat jadwal menu kita sendiri, meskipun terasa seperti dipaksa tetapi kita mesti melihatnya dari sisi yang menyenangkannya, macam menu lezat dan sehat itu banyak bertebaran di internet siap untuk dibuat. Bahkan kamu bisa membagikan kreasi menu

puasamu dengan yang lain, ala Food Blogger. Makna dari ibadah puasa bisa lebih terasa dengan saling berbagi dengan yang lain.


2. Mempersiapkan bahan makanan perminggu

Hal ini dilakukan untuk mengurangi kontak dan kunjungan ke pasar atau toko swalayan, yang menjadi tempat publik dan berisiko terpapar virus COVID-19.


3. Masak takjil dan menu sahur sendiri

Selain bebas dalam memilih menu, kebersihan dari bahan makanan yang digunakan juga lebih terjamin. Kamu juga bisa membagikan hasil buatanmu ke teman teman atau ke orang yang kekurangan. Hmmm sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui, ini baru ibadah sesungguhnya.


4. Selalu Membersihkan peralatan ibadah

Kebiasaan baru yang penting pada masa pandemi adalah rutin menjaga kebersihan, bisa diterapkan pada peralatan ibadah seperti sajadah, mukena, dan sarung.


3. Masak takjil dan menu sahur sendiri

Jika memang sudah sangat terpaksa memang harus membeli makanan dari luar diperhatikan dulu bagaimana standar higienis rumah makan atau warung tersebut.


Banyak cara untuk kita bisa beribadah ditahun ini, mungkin caranya sedikit berbeda tetapi memiliki makna yang sama pada masa pandemi ini yaitu selalu berbagi, saling memperdulikan, saling menolong dan saling menjaga.




Recent Posts

See All